Berapa Lama Sih Daya Tahan ASIP?

 

Tau gak sih Moms, kalau ternyata asi perah atau ASIP itu ada cara penyimpannya tersendiri. Aku mau cerita seidikit deh tentang pengalamanku mengenai nyimpen ASIP yang salah. Waktu awal menyusui di bulan pertama, aku udah mulai ngide untuk nyimpen asi. Pengennya tuh biar kalau si kecil nangis pengen asi dan aku ngantuk pas malem, aku gak perlu bangun, cukup naruh asi di botol. Tapi, pas hari pertama udah kejadian, eh ternyata asinya basi dong, Moms.

Wah, panik malam-malam si kecil nangis pengen minum malah asinya basi! Udah jadi kesel banget semaleman, padahal ya bukan salah si kecil juga. Awalnya aku mikirnya ini karena aku mompanya pas siang hari, jadi emang lebih dari 6 jam kan Moms.

Besoknya percobaan kedua, aku mompa jam 8 malam dan pas juga si kecil nangis jam 12 malem. Ternyata basi lagi, udah deh Moms saat itu aku gak mau lagi nyimpen asi.

Tapi dilema datang Moms, pas mau kerja, cuti udah hampir habis dan nyoba ngasih susu formula ke si kecil ternyata dia gak cocok. Wah, langsung makin bingung, sampai akhirnya aku browsing dan ketemu artikel tentang penyimpanan asi perah.

Aku coba sarannya satu persatu dan akhirnya setelah itu aku gak pernah mengalami asi basi lagi. Kenapa gak dari dulu aja ya Moms nemunya. Aku bakal share sedikit tips dari artikel yang pernah aku baca ini, kira-kira seperti ini ringkasnya.

Tempat Penyimpanan

Ternyata asi kalau disimpan di tempat berbeda, ketahanannya berbeda juga lho, Moms. Contohnya aja, dulu aku taruh asi sembarangan di meja kecil dekat kasur biar ambilnya cepet, ternyata kalau di taruh di ruangan, cuma bertahan maksimal 4 jam jika suhunya 25 derajat celcius. Pantes nih asi perah yang aku simpen gampang basi.

Kalau di kulkas, lebih tahan lama, yaitu sampai 5 hari. Masukin freezer bisa lebih lama lagi, bisa sampai sampai 6 bulan.

Wadah Asi

Tapi yang perlu diperhatikan bukan cuma tempat penyimpanan, tapi juga wadah asinya. Moms, bisa pakai botol kaca, botol plastik atau kantong khusus asi. Tapi, semuanya harus di cuci bersih dan disterilkan ya sesudah dipakai.

Pas awal nyimpen asi dulu aku pakai botol kaca, cuma aku cuci pakai air dari keran langsung karena mikirnya gak perlu dipanaskan dengan air panas. Eh, ternyata itu bisa bikin asi cepat basi juga karena wadah gak steril.

Tapi, setelah itu aku ganti pakai kantong asi, Moms. Selain praktis karena gak perlu dicuci lagi, kantong asi yang aku pilih desainnya transparan jadi gampang lihat kondisi asi. Setelah ganti kantong asi, gak pernah lagi deh ada drama asi basi!

Nah, moms, aku pakai kantong asi dari gabag, namanya kolibri smart. Ada salah satu fiturnya yang buat aku terkagum banget, yaitu kantongnya tersambung langsung dengan aplikasi khusus untuk manajemen asi. Jadi, gak perlu lagi catat informasi asi manual karena cuma dengan scan QR Code yang ada di kantong, langsung terhubung deh sama aplikasinya. Jadi, lebih mudah deh aku manage asi perah!

Di aplikasi ini, juga ada reminder untuk menyusui. Jadi, sebagai orang yang lupaan, jujur aplikasi ini memudahkan aku banget untuk bisa menyusui si kecil dengan teratur.

Selain itu ya Moms, yang bikin aku semakin tertarik karena desain-desainnya gemesih banget! Nih, Moms penampakan dari kantong asinya, siapa juga yang gak gemes kalau kantongnya kaya gini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gimana Cara Menyedot ASI yang Nyaman?

Pumping Anti Ribet! Dengan Pompa Asi Segenggam

Review Pumping Elektrik Berkualitas Bagus